BERBAGAI JENIS LISENSI SOFTWARE

Hello!!! Assallammualaikum wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua OK !!! Para pembaca blog Ahmad sekarang kita membahas tentang BERBAGAI JENIS LISENSI SOFTWARE

OK kita bahas dulu satu per satu apa itu SOFTWARE ?

Pengertian software dalam bahasa Indoensia adalah perangkat lunak. Software adalah bagian tidak terpisahkan dalam perangkat keras atau hardware. Pengertian software secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah. Dalam sebuah komputer, software bisa diibaratkan sebagai jiwanya komputer. Tanpa adanya software, sebuah komputer hanyalah seonggok barang mewah yang tidak mempunyai fungsi.

Software adalah perangkat yang ada di dalam komputer yang tidak dapat kita sentuh dan tidak pula dapat kita lihat bentuk fisiknya. Namun, software ini dapat kita operasikan saat kita menggunakan komputer atau media elektronik lainnya. Maka dari itu, tidak berlebihan jika software adalah program yang menjalankan atau program yang dengannya, kita bisa mengatur jalannya komputer. Sedangkan hardware secara gampangannya merupakan perangkat keras yang dapat kita lihat dan kita sentuh, contohnya yaitu, mouse, keyboard, printer, dll.

Jenis Software

Fungsi Software adalah sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Melalui software inilah, bahasa manusia diterjemahkan kedalam bahasa mesin, sehingga kita bisa mengatur mesin komputer dengan mudah. Software atau perangkat lunak bisa kita golongkan menjadi 3 macam. Macam-macam software tersebut antara lain;

Sistem Operasi (contohnya, Microsoft Windows, Mac OS, Linux, dll). Pembahasan mengenai sistem operasi ini bisa anda temukan di artikel yang pernah kita ulas sebelumnya.

Program Aplikasi (contohnya, Microsoft Office, Open Office, Adobe Photoshop, dll). Program aplikasi ini secara umum hanya bisa di pasang (di install) dalam sebuah komputer yang telah memiliki sistem operasi.

Software Pemrograman (yakni Bahasa pemrograman Pascal, visual Basic, Delphi, dll). Software pemrograman adalah software yang dapat kita gunakan untuk membangun software lain. Dengan kata lain, ini seperti mesin yang tujuan penggunaannya adalah untuk membuat mesin yang lainnya.

Perbedaan Software Aplikasi dan Software Sistem

Software aplikasi adalah software program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu.  Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Namun, dalam arti sempit sistem operasi dan software bisa diartikan sebagai berikut :

Software adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Contoh software adalah aplikasi, sistem operasi

Software aplikasi terdiri dari :

  1. Bahasa pemrograman (programming language)
  2. Program aplikasi (Application Program)
  3. Program paket / paket aplikasi (packet program)
  4. Program utilitas (utility program)
  5. Games dan entertainment dan lain-lain

Sistem Operasi/ Software Sistem

Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh Sistem Operasi Komputer yaitu : Windows, Linux, McOs, dan lain lain.

Ciri – ciri Aplikasi Software

#  Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung dll.

#  Sistem operasi (operating system) misalnya windows dan Linux.

#  Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.

#  Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu, dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.[4]

#  Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh.

#  Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)

#  Perangkat lunak gratis (freeware)

#  Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)

#  Perangkat lunak perusak (malware) Refrensi

Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan dari beberapa perintah yang di eksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menympan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalaninya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Secara umum perangkat lunak (software) dibedakan menjadi sebagai berikut:

  1. Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User. Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan dengan menggunakan sinyal analog atau sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan tekhnologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan kenggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengetahui sistem operasi itu sendiri.

Sistem operasi dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program komputer secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi adalah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan pengguna komputer yang tidak perlu.

Sistem operasi seperti :

– noveil

– windows

– Unix/Linux

– MAC/OS.

  1. Program Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Program aplikasi seperti :

– aplikasi pemrogaman

– database

– pemrograman

– desain grafis

Pengertian Lisensi Software

Pengertian Lisensi secara umum adalah pemberian izin dari pemilik dagang atau merk kepada pihak lain dengan suatu perjanjian dan syarat tertentu. Sedangkan pengertian lisensi menurut Undang-undang yang tercantum dalam UU No. 19 tahun 2002 tentang hak cipta adalah izin yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemegang Hak Terkait kepada pihak lain untuk mengumumkan dan/atau memperbanyak Ciptaannya atau produk Hak terkaitnya dengan persyaratan tertentu.

Jika lisensi itu berkaitan dengan perangkat lunak atau software maka pengertian lisensi memiliki makna lebih. Pengertian Lisensi Software adalah hak eksklusif pembuat atau pemilik software atas izin, hak dan pembatasan untuk perangkat lunaknya. Sehingga software dapat digunakan, disebarluaskan, diperbanyak atau diubah oleh pihak lain dengan berpedoman pada peraturan yang tercantum pada lisensi software tersebut.

Macam – macam Lisensi Software

Ada beberapa macam lisensi software yang dikenal luas saat ini. Lisensi-lisensi software tersebut memiliki peraturan yang berbeda-beda.

Proprietary Software
adalah software berpemilik, sehingga seseorang harus meminta izin atau dapat dilarang untuk mengedarkan, menggunakan atau memodifikasi software tersebut.

Commercial software
adalah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan dengan konsep bisnis, dibutuhkan proses pembelian atau sewa untuk bisa menggunakan software tersebut.

Public Domain
adalah software yang tidak memiliki hak cipta.

Freeware
adalah software yang diizinkan untuk digunakan atau disebarluaskan namun tidak memiliki izin untuk dimodifikasi.

Shareware
adalah software yang diizinkan untuk didistribusikan salinannya, jika softwarenya digunakan terus menerus maka si pemilik software meminta bayaran untuk lisensinya.

GNU General Public License (GNU/GPL)
adalah suatu kumpulan ketentuan pendistribusian software untuk meng-copyleft-kannya. GPL memberikan izin kepada pengguna software untuk menggunakan, memodifikasi dengan syarat memiliki lisensi yang sama.

Sumber Artikel

https://erwindwihanantoko15.wordpress.com/2013/11/03/pengertian-software-dalam-bahasa-indoensia-adalah-perangkat-lunak-software-adalah-bagian-tidak-terpisahkan-dalam-perangkat-keras-atau-hardware-pengertian-software-secara-umum-dapat-diartikan-sebagai/

http://ivanfebriansyah01.blogspot.com/2016/04/perbedaan-software-sistem-dan-software.html

https://hilmanandreas.wordpress.com/2016/12/01/pengertian-dan-fungsi-hardware-dan-software/ 

https://iskandarzzzzzz34.wordpress.com/2013/09/09/hardware-dan-software/

http://www.mandalamaya.com/pengertian-lisensi-software/

 

Print Friendly, PDF & Email