Trend Teknologi Hardware Dimasa Mendatang

Hello sobat salam sejahtera bagi kita semua, sekarang kita akan membahas tentang Tren Teknologi

Apa sih tren teknologi itu ? yuk yuk kita bahas sekarang .

Pengertian Processor

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh Motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD (Advanced Micro Devices), Apple, Cyrix VIA , IBM (International Business Machine), IDT, dan Intel. Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu Aritcmatics Logical Unit (ALU), Control Unit (CU), dan Memory Unit (MU)

 

Fungsi dan Jenis–Jenis Processor

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

 

Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.

Komponen Processor

  1. CU (Control Unit)

CU merupakan unit pengendali. Fungsi utama unit penegendali ( CU) adalah mengambil, mengkode, dan melaksanakan instruksi sebuah program yang tersimpan dalam memori. Unit pengendali mengatur urutan operasi seluruh system. Unit ini juga menghasilkan dan mengatur sinyal pengendali yang diperlukan untuk menyerampakkan operasi, juga aliran dan instruksi program.

 

  1. ALU (Arithmetic Logic Unit)

Unit ini berfungsi untuk melaksanakan operasi aritmatik serta operasi – operasi logika. ALU sering di sebut mesin bahasakarena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

 

Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).

 

  1. Memory Unit (Unit Penyimpan)

Unit–unit ini mengandung program – program yang bersangkutan dan data yang sedang di olah. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

Sejarah Perkembangan Processor

PC didesain berdasar generasi-generasi CPU yang berbeda. Intel bukan satu-satunya  perusahaan yang membuat CPU, meskipun yang menjadi pelopor diantara yang lain. Pada tiap generasi yang mendominasi adalah chip-chip Intel, tetapi pada generasi kelima terdapat  beberapa pilihan selain chip Intel.

Dimulai dari :1904 :

Dioda tabung pertama kali diciptakan oleh seorang ilmuwan dari Inggris yang  bernama Sir ?ohn !mbrose “leming #$%&’-$’&().

1906 :

ditemukan trioda hasil pengembangan dioda tabung oleh seorang ilmuwan !merika yang bernama Dr. *ee De “orest. +ang kemudian terciptalah tetroda dan pentode.!kan tetapi penggunaan dari tabung hampa tersebut tergeser pada tahun $’?? setelah ditemukannya komponen semikonduktor.

1947 :

?ransistor diciptakan di labolatorium /ell.

1965 :

0ordon 1oore dari “airchild semiconductor dalam sebuah artikel untuk majalan elektronik mengatakan bahwa chip semikonduktor berkembang dua kali lipat setiap dua tahun selama lebih dari tiga dekade.

1968 :

1oore, 2obert 3oyce dan !ndy 0ro4e menemukan Intel Corp. untuk menjalankan  bisnis 5I3?egrated 6lectronics.7

1969 :

Intel mengumumkan produk pertamanya, 2!1 statis $$?$, metal o8ide semiconductor #19S) pertama di dunia. Ia memberikan sinyal pada berakhirnya era memori magnetis.

1971 :

Intel meluncurkan mikroprosesor pertama di dunia, &-bit &??&, yang didesain oleh “ederico “aggin.

1972 :

Intel mengumumkan prosesor %-bit %??%. /ill 0ates muda dan Paul !llen coba mengembangkan bahasa pemograman untuk chip tersebut, namun saat itu masih kurang kuat

 

Perkembangan Teknologi Prosesor Terbaru atau Processor. Sebelum kita masuk ke pembahasan teknologinya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu prosesor :

Prosesor adalah  IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Prosesor ini terletak atau berada di motherboard / mainboard.

Prosesor juga disebut “Microprosessor”, dan bagian terpenting dari prosesor adalah:

  • Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program. 
  • Control Unit (CU) :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output. 
  • Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Processor mengalami perkembangan dari generasi ke generasi.

Saat ini terdapat banyak perusahaan yang bergerak dibidang komputer yang membuat prosesor, salah satu vendor raksasa computer yang membuat processor yaitu Intel, telah mengembangkan prosesor hingga generasi kedelapan, berikut ini adalah perkembangan processor hingga saat ini :

GENERASI 1 (Processor 8088 dan 8086)

Processor 8086 (1978) merupakan CPU 16 bit pertama Intel yang menggunakan bus sistem 16 bit. Tetapi perangkat keras 16 bit seperti motherboard saat itu terlalu mahal, dimana komputer mikro 8 bit merupakan standart. Pada 1979 Intel merancang ulang CPU sehingga sesuai dengan perangkat keras 8 bit yang ada. PC pertama (1981) mempunyai CPU 8088 ini. 8088 merupakan CPU 16 bit, tetapi hanya secara internal. Lebar bus data eksternal hanya 8 bit yang memberi kompatibelan dengan perangkat keras yang ada.

Sesungguhnya 8088 merupakan CPU 16/8 bit. Secara logika prosesor ini dapat diberi nama 8086SX. 8086 merupakan CPU pertama yang benar-benar 16 bit di keluarga ini.

GENERASI 2 Processor 80286

286 (1982) juga merupakan prosessor 16 bit. Prosessor ini mempunyai kemajuan yang relatif besar dibanding chip-chip generasi pertama. Frekuensi clock ditingkatkan, tetapi perbaikan yang utama ialah optimasi penanganan perintah. 286 menghasilkan kerja lebih banyak tiap tik clock daripada 8088/8086. Pada kecepatan awal (6 MHz) berunjuk kerja empat kali lebih baik dari 8086 pada 4.77 MHz. Belakangan diperkenalkan dengan kecepatan clock 8,10,dan 12 MHz yang digunakan pada IBM PC-AT (1984). Pembaharuan yang lain ialah kemampuan untuk bekerja pada protected mode/mode perlindungan – mode kerja baru dengan “24 bit virtual address mode”/mode pengalamatan virtual 24 bit, yang menegaskan arah perpindahan dari DOS ke Windows dan multitasking. Tetapi anda tidak dapat berganti dari protected kembali ke real mode / mode riil tanpa mere-boot PC, dan sistem operasi yang menggunakan hal ini hanyalah OS/2 saat itu.

GENERASI 3 Processor 80386 DX 

386 diluncurkan 17 Oktober 1985. 80386 merupakan CPU 32 bit pertama. Dari titik pandang PC DOS tradisional, bukan sebuah revolusi. 286 yang bagus bekerja secepat 386SX pertama-walaupun menerapkan mode 32 bit. Prosessor ini dapat mengalamati memori hingga 4 GB dan mempunyai cara pengalamatan yang lebih baik daripada 286. 386 bekerja pada kecepatan clock 16,20, dan 33 MHz. Belakangan Cyrix dan AMD membuat clones/tiruan-tiruan yang bekerja pada 40 MHz. 386 mengenalkan mode kerja baru disamping mode real dan protected pada 286. Mode baru itu disebut virtual 8086 yang terbuka untuk multitasking karena CPU dapat membuat beberapa 8086 virtual di tiap lokasi memorinya sendiri-sendiri. 80386 merupakan CPU pertama berunjuk kerja baik dengan Windows versi- versi awal.

Processor 80386SX

Chip ini merupakan chip yang tidak lengkap yang sangat terkenal dari 386DX. Prosessor ini hanya mempunyai bus data eksternal 16 bit berbeda dengan DX yang 32 bit. Juga, SX hanya mempunyai jalur alamat 24. Oleh karena itu, prosessor ini hanya dapat mengalamati maksimum RAM 16 MB. Prosessor ini bukan 386 yang sesungguhnya, tetapi motherboard yang lebih murah membuatnya sangat terkenal.

GENERASI 4 Processor 80486 DX

80486 dikeluarkan 10 April 1989 dan bekerja dua kali lebih cepat dari pendahulunya. Hal ini dapat terjadi karena penanganan perintah-perintah x86 yang lebih cepat, lebih-lebih pada mode RISC. Pada saat yang sama kecepatan bus dinaikkan, tetapi 386DX dan 486DX merupakan chip 32 bit. Sesuatu yang baru dalam 486 ialah menjadikan satu math coprocessor/prosesor pembantu matematis.

Sebelumnya, math co-processor yang harus dipasang merupakan chip 387 yang terpisah, 486 juga mempunyai cache L1 8 KB.

Processor 80486 SX

Prosessor ini merupakan chip baru yang tidak lengkap. Math co-processor dihilangkan dibandingkan 486DX.

Processor Cyrix 486SLC

Cyrix dan Texas Instruments telah membuat serangkaian chip 486SLC. Chip-chip tersebut menggunakan kumpulan perintah yang sama seperti 486DX, dan bekerja secara internal 32 bit seperti DX. Tetapi secara eksternal bekerja hanya pada 16 bit (seperti 386SX). Oleh karena itu, chip-chip tersebut hanya menangani RAM 16 MB. Lagipula, hanya mempunyai cache internal 1 KB dan tidak ada mathematical co-processor. Sesungguhnya chip-chip tersebut hanya merupakan perbaikan 286/386SX. Chip-chip tersebut bukan merupakan chip-chip clone. Chip-chip tersebut mempunyai perbedaan yang mendasar dalam arsitekturnya jika dibandingkan dengan chip Intel.

Processor IBM 486SLC2

IBM mempunyai chip 486 buatan sendiri. Serangkaian chip tersebut diberi nama SLC2 dan SLC3. Yang terakhir dikenal sebagai Blue Lightning. Chip-chip ini dapat dibandingkan dengan 486SX Intel, karena tidak mempunyai mathematical coprocessor yang menjadi satu. Tetapi mempunyai cache internal 16 KB (bandingkan dengan Intel yang mempunyai 8 KB). Yang mengurangi unjuk kerjanya ialah antarmuka bus dari chip 386. SLC2 bekerja pada 25/50 MHz secara eksternal dan internal, sedangkan chip SLC3 bekerja pada 25/75 dan 33/100 MHz. IBM membuat chip-chip ini untuk PC mereka sendiri dengan fasilitas mereka sendiri, melesensi logiknya dari Intel.

GENERASI 5 Pentium Classic (P54C)

Chip ini dikembangkan oleh Intel dan dikeluarkan pada 22 Maret 1993. Prosessor Pentium merupakan super scalar, yang berarti prosessor ini dapat menjalankan lebih dari satu perintah tiap tik clock. Prosessor ini menangani dua perintah tiap tik, sebanding dengan dua buah 486 dalam satu chip. Terdapat perubahan yang besar dalam bus sistem : lebarnya lipat dua menjadi 64 bit dan kecepatannya meningkat menjadi 60 atau 66 MHz. Sejak itu, Intel memproduksi dua macam Pentium yang bekerja pada sistem bus 60 MHz (P90, P120, P150, dan P180) dan sisanya, bekerja pada 66 MHz(P100, P133,P166, dan P200).

GENERASI 6 Pentium Pro

Pengembangan Pentium Pro dimulai 1991, di Oregon. Diperkenalkan pada 1 November, 1995 . Pentium Pro merupakan prosessor RISC murni, dioptimasi untuk pemrosesan 32 bit pada Windows NT atau OS/2. Fitur yang baru ialah bahwa cache L2 yang menjadi satu Chip raksasa, dengan chip empat persegi panjang dan Socket-8nya. Unit CPU dan cache L2 merupakan unit yang terpisah di dalam chip ini.

Pentium II

Pentium Pro “Klamath” merupakan nama sandi prosessor puncak Intel. Prosessor ini mengakhiri seri Pentium Pro yang sebagian terdapat pengurangan dan sebagaian terdapat perbaikan.

Diperkenalkan 7 Mei 1997, Pentium II mempunyai fitur- fitur :

  • CPU diletakkan bersama dengan 512 KB L2 di dalam sebuah modul SECC (Single Edge Contact Cartridge)
  • Terhubung dengan motherboard menggunakan penghubung/konektor slot one dan bus P6 GTL+.
  • Perintah-perintah MMX.
  • Perbaikan menjalankan program 16 bit (menyenangkan bagi pengguna Windows 3.11)
  • Penggandaan dan perbaikan cache L1 (16 KB + 16 KB).
  • Kecepatan internal meningkat dari 233 MHz ke 300 MHz (versi berikutnya lebih tinggi).
  • Cache L2 bekerja pada setengah kecepatan CPU.

Dengan rancangan yang baru, cache L2 mempunyai bus sendiri. Cache L2 bekerja pada setengah kecepatan CPU, seperti 133 MHz atau 150 MHz. Jelas merupakan sebuah kemunduran dari Pentium Pro, yang dapat bekerja pada 200 MHz antara CPU dan cache L2. Hal ini dijawab dengan cache L1. Dibawah ini terlihat perbandingan tersebut :

Pentium II telah tersedia dalam 233, 266, 300, 333,350, 400, 450, dan 500 MHz (kecepatan yang lebih tinggi segera muncul). Dengan chip set 8244BX dan i810 Pentium II mempunyai unjuk kerja yang baik sekali.

Pentium II berbentuk kotak plastik persegi empat besar, yang berisi CPU dan cache. Juga terdapat kontroler kecil (S824459AB) dan kipas pendingin dengan ukuran yang besar.

Pentium-II Celeron

Awal 1998 Intel mempunyai masa yang sulit dengan Pentium Pro II yang agak mahal. Banyak pengguna membeli AMD K6-233M, yang menawarkan unjuk kerja sangat baik pada harga yang layak.

Maka Intel membuat merek CPU baru yang disebut Celeron. Prosesor ini sama dengan Pnetium II kecuali cache L2 yang telah dilepas. Prosessor ini dapat disebut Pentium II-SX. Pada 1998 Intel mengganti Pentium MMX-nya dengan Celeron pertama. Kemudian rancangannya diperbaiki.

Cartridge Celeron sesuai dengan Slot 1 dan bekerja pda sistem bus 66 MHz. Clock internal bekerja pada 266 atau 300 MHz.

Pentium-II Celeron A : Mendocino

Bagian yang menarik dari cartridge baru dengan 128 KB cache L2 di dalam CPU. Hal ini memberikan unjuk kerja yang sangat baik, karena cache L2 bekerja pada kecepatan CPU penuh. Celeron 300A merupakan sebuah chip dalam kartu :

Pentium-II Celeron PPGA : Socket 370

Socket 370 baru untuk Celeron. Prosessor 400 dan 366 MHz (1999) tersedia dalam plastic pin grid array (PPGA). Socket PGA370 terlihat seperti Socket 7 tradisional.yang mempunyai 370 pin.

Pentium-II Xeon

Pada 26 Juali 1998 Intel mengenalkan cartridge Pentium II baru yang diberi nama Xeon. Ditujukan untuk server dan pemakai high-end. Xeon merupakan Pentium II degnan cartridge baru yang sesuai konektor baru yang disebut Slot two. Modul ini dua kal lebih tinggi dari Pentium II, tetapi ada perubahan dan perbaikan penting lain :

  • Chip RAM cache L2 jenis baru: CSRAM (Custom SRAM), yang bekerja pada kecepatan CPU penuh.
  • Ukuran cache L2 yang berbeda : 512, 1024, atau 2048 KB RAM L2.
  • Memori RAM hingga 8 GB dapat di-cache.
  • Hingga empat atau delapan Xeon dalam satu server.
  • Mendukung server yang dicluster.
  • Chip set baru 82440GX dan 82450NX.

Chip Xeon bekerja pada kecepatan clock CPU penuh. Dapat diperkirakan, bahwa akan mempunyai unjuk kerja yang sama seperti cache L1. Tetapi antarmuka dari L1 ke L2 bernilai beberapa tik clock pada awal tiap perpindahan, sehingga ada beberapa kelambatan. Tetapi jika data sudah dipindahkan, bekerja pada kecepatan clock penuh.

Generasi ke 8 Intel Core 2 duo

Processor generasi ke 8 adalah Core 2 Duo yang di luncurkan pada juli 2007. Processor ini memakai microprocessor dengan arsitektur x86. Arsitektur tersebut oleh Intel dinamakan dengan Intel Core Microarchitecture, di mana arsitektur tersebut menggantikan arsitektur lama dari Intel yang disebut dengan NetBurst sejak tahun 2000 yang lalu. Penggunaan Core 2 ini juga menandai era processor Intel yang baru, di mana brand Intel Pentium yang sudah digunakan sejak tahun 1993 diganti menjadi Intel Core.

Pada desain kali ini Core 2 sangat berbeda dengan NetBurst. Pada NetBurst yang diaplikasikan dalam Pentium 4 dan Pentium D, Intel lebih mengedepankan clock speed yang sangat tinggi. Sedangkan pada arsitektur Core 2 yang baru tersebut, Intel lebih menekankan peningkatan dari fitur-fitur dari CPU tersebut, seperti cache size dan jumlah dari core yang ada dalam processor Core 2. Pihak Intel mengklaim, konsumsi daya dari arsitektur yang baru tersebut hanya memerlukan sangat sedikit daya jika dibandingkan dengan jajaran processor Pentium sebelumnya.

Processor Intel Core 2 mempunyai fitur antara lain EM64T, Virtualization Technology, Execute Disable Bit, dan SSE4. Sedangkan, teknologi terbaru yang diusung adalah LaGrande Technology, Enhanced SpeedStep Technology, dan Intel Active Management Technology (iAMT2).

Core i3 M
Meski tidak dilengkapi Turbo boost, performa Core i3 tetap memikat. Hyper-threading membuat kemampuannya dapat dipakai secara maksimal. VGA-nya pun sudah lebih dapat diandalkan dibandingkan VGA onboard terdahulu. Jika dana Anda terbatas namun menginginkan performa dari arsitektur terbaik Intel, Core i3 adalah pilihan yang jauh lebih unggul dibandingkan Core2 Duo.

Core i5 M
Notebook dengan prosesor ini memang memiliki 2 inti prosesor (dual core). Akan tetapi, tersedianya Hyper-threading membuatnya tampil seakan memiliki 4 inti prosesor. Turbo boost menjadi andalannya dalam hal performa. Sementara itu, VGA terintegrasinya sudah mencukupi untuk pemutaran film HD 1080p, bahkan film Blu-Ray. Jika perlu, beberapa game 3D ringan pun bisa dimainkannya. Jika Anda menginginkan performa tinggi dengan mobilitas baik, Core i5 adalah pilihan yang baik. Harganya pun tidak mencekik.

Core i7 M
Prosesor ini adalah Arrandale (2 inti prosesor) dengan performa terbaik. Teknologi 32 nm membuatnya bekerja dengan suhu relative rendah. Kecepatan tinggi, Hyper-threading, dan Turbo boost membuatnya memiliki performa tinggi. Apabila dipadu dengan VGA tambahan, notebook berbasis Core i7 M akan menjadi pilihan yang sangat baik bagi pencinta performa tinggi. Kemampuannya bahkan dapat bersaing dengan Core i7 QM. Tentu saja, dengan harga yang lebih tinggi.

Core i9
Core i9 adalah processor terbaru intel, dengan spesifikasi memiliki 6 core dengan kecepatan 2.8 Ghz dengan L2 256KB X 6 dan L3 12MB. Procesor Gulftown ternyata lebih hemat power dibanding Corei 7 dan Core 2 Quad pada kecepatan yang sama. Tidak itu saja, Core i9 lebih dingin hampir 8 derajat dibandingkan Core 2 Quad, Core i5 dan Core i7. Untuk gaming kelas FPS, Core i9 memiliki angka relatif. Test benchmark game FarCry 2 dan Unreal Tournament dipegang oleh Core i9, disusul Core i7, Corei 5, Core 2 Quad dan terakhir Phenom II X4. Game Left 4 Dead unggul oleh Core i5, diisusul Core 2 Quad, Phenom II X4, Core i9 (Gulftown) dan terakhir Core i7.

Teknologi Prosesor (Processor)

Keunggulan Prosesor Intel
Pada beberapa jenis prosesor intel di atas sebenarnya sudah diberikan beberapa penjelasan tentang keunggulan intel sesuai dengan spesifikasinya. Namun secara umum prosesor intel memiliki enggulan antara lain:

  • Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas.
  • Pipeline pada intel lebih panjang dibanding prosesor lain seperti AMD
  • Intel menang di brand image dan marketnya.
  • Pada prosesor Intel Pentium 4 harga standard, kinerjanya lumanyan cepat.Beberapa uji joba permorma ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun disbanding prosesor lain (AMD).
  •  Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia.

Intel Turbo Boost : Meningkatkan performa dengan meningkatkan frekuensi core sesuai dengan permintaan pemakai secara otomatis. ( Core i5 dan i7 ). Contoh : Processor Intel Core i-7 720QM memiliki clock speed sebesar 1.60 GHz untuk minimum. Ketika menjalankan aplikasi yang membutuhkan clock speed yang tinggi. Processor secara otomatis meningkatkan clock speed hingga 2.93 GHz maksimum clock speednya. Dan ketika tidak dibutuhkan maka otomatis clock speednya akan menurun di angka minimum clock speed. Ibarat Speedometer semakin di gas semakin cepat jalannya kendaraan.

Intel HD Graphics : Grafik yang sudah high definition. Dibandingkan dengan Intel Graphics pada Core 2 Duo, Pada core-i grafiknya sudah jauh lebih bagus karena sudah HD. ( Pada Core i3, i5 dan i7 ). Maksimum Memory pada RAM hingga 16GB ( Maksimum memory tergantung dari masing–masing tipe processor ).
Sudah Menggunakan module DDR3 dengan FSB 1066 MHz.

Core i3 = Pada core i3 hanya memiliki 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way )
Core i5 = Pada core i5 memiliki 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way ) dan Turbo Boost
Core i7 = Pada core i7 memiliki 4 Core, Hyperthreading ( 8 Way ) dan Turbo Boost

Core i9 lebih dingin hampir 8 derajat dibandingkan Core 2 Quad, Core i5 dan Core i7. Untuk gaming kelas FPS, Core i9 memiliki angka relatif. Test benchmark game FarCry 2 dan Unreal Tournament dipegang oleh Core i9, disusul Core i7, Corei 5, Core 2 Quad dan terakhir Phenom II X4. Game Left 4 Dead unggul oleh Core i5, diisusul Core 2 Quad, Phenom II X4, Core i9 (Gulftown) dan terakhir Corei7.

Kelemahan prosesor INTEL
Beberapa kelemahan prosesor intel antara lain:

  • Lemah untuk urusan grafis , gaming dan program 3D bila dibanding dengan AMD misalnya.
  • Untuk menggunakan prosesor Intel anda harus mengeluarkan banyak biaya apalagi dengan performanya tinggi yang di hasilkan oleh prosesor Intel yaitu Intel i7

Kelemahan-kelemahan itu sebenarnya tidak terlalu berarti karena perbaikan performa yang dilakukan oleh Intel sudah sangat maju terutama dengan munculnya Core i7 dan Core i9. Kemampuan grafis, gaming dan 3D setelah di uji ternyata memiliki angka relative.

Macam Teknologi Input dimasa Mendatang

  Perkembangan input device komputer. Untuk menghasilkan output yang berkualitas, menarik, sesuai keinginan user (pengguna) dan mempermudah dalam penggunaannya, sekarang telah dibuat berbagai macam input device komputer.Input device komputer adalah suatu alat yang digunakan oleh user untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.

1.Mouse Jari

Mouse jari ($ 10,50). Ini adalah mouse jari buatan Jepang yang dapat dipasang ke jari telunjuk sobat dan menggunakan sensor optik untuk melacak menunjuk – ibu jari-roda bertindak sebagai remote juga. Mouse super-kompak dan dimaksudkan untuk digunakan dalam keadaan sempit – sobat bahkan dapat menggunakan paha Anda sebagai permukaan mouse, keren kan?

2.Keyboard Lasser

Keyboard berfungsi untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus dan melakukan instruksi-instruksi (perintah) lainnya. Konsep Keyboard Masa Depan Unik dan Canggih. Berbagai konsep teknologi canggih masa depan dirancang desainer teknologi, kali ini desainer Rusia Marat Kudryavstev memiliki ide yang berbeda yaitu konsep Gadget Komunikasi terbaru Keyboard masa depan. Keyboard ini sangat memudahkan penggunanya karena bisa digunakan dimana saja asal ditempat yang datar dan keyboard ini juga berpenampilan sangat dinamis dan simple mudah untuk dibawa kemana-mana.

3.Scanner

Jika dilihat dari segi fungsinya Scanner mirip seperti mesin fotocopy. Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya langsung dicetak pada kertas sesuai aslinya, tidak dapat         ditambah, dikurangi, dimodifikasi dan tidak dapat disimpan dalam media penyimpanan. Sedangkan scanner         hasilnya langsung ditampilkan melalui monitor, dan hasil tersebut dapat dilakukan perbaikan atau modifikasi dan dapat disimpan dalam media penyimpanan.

 

Teknologi terbaru scanner saat ini produk 33mm Slide Scanner, yang mana dapat mengkonversi slide negatif foto dan mengubahnya ke dalam bentuk digital dengan     sangat cepah dan   mudah tentunya.

 

Scanner canggih ini tidak perlu lagi dihubungkan ke komputer. Sekali Anda mengkonversinya,  Anda juga dapat menampilkan hasil scanning Anda ke dalam bentuk slide show pada layar berukuran    2.4 inchi ataupun menghubungkannya langsung ke komputer ataupun TV sehingga bisa melihat hasilnya lebih jelas lagi.

 

Nantinya gambar yang dipindai menggunakan scanner ini akan menjadi gambar dengan kualitas 5 megapixel. Alat scanner ini sudah dilengkapi dengan memori internal 32MB dan dukungan kartu memori SD/SDHC berkapasitas hingga 16GB. Alat ini siap dipasarkan pada kisaran harga sekitar 129.95 USD atau sekitar 1,3 juta rupiah.

4.Logitech Wireless F710

  Gamepad menggunakan kabel memang sedikit merepotkan. Sebagai opsi lain, anda bisa memilih gamepad wireless seperti Logitech Wireless F710. Gamepad ini ditenagai oleh dua buah baterai AA. Sementara itu, untuk menyambungkan gamepad ke PC, ada sebuah  Nano Receiver yang bisa langsung di pasang ke port USB PC anda.

Sama seperti Logitech Gamepad F310, joystick ini juga bisa dipakai pada game klasik maupun terbaru. Logitech juga menambahkan Dual Vibration Feedback Motor untuk membuat permainan anda jadi lebih menegangkan. Dan harganya pun cukup merakyat yaitu Rp. 549.000; anda bisa membelinya dengan cara online juga.

5.Light Touch

     Pasti sudah tau semua dengan konsep masa depan bukan, komputer konsep masa depan nantinya tidak akan menggunakkna media Monitor lagi. tapi sudah berbasis holographic. tidak menunggu masa depan. kini sudah ada LIGHT TOUCH . teknologi komputer masa depan. kitapun pasti Sudah tidak asing lagi melihat sebuah komputer tanpa layar seperti yang kita lihat di film-film fiksi seperti di avatar, irobot dll, tapi apakah mungkin sebuah komputer tanpa layar selamanya yang dapat memberikan interaksi input output kepada user. Pada pameran “Customer Electronics Show 2010” dipaparkan hal tersebut untuk masa yang akan datang. Paparan tersebut datang dari perusahaan Inggris yang bernama Light Blue Optics, perusahaan tersebut mengangkat sebuah project untuk sistem komputer proyektor yang disebut Light Touch Yang pada dasarnya mengubah semua permukaan menjadi layar sentuh 10.1 inchi dan sekaligus membawa dunia anda menjadi sesuatu yang nyata bukan hanya dari sekedar khayalan fiksi ilmiah. Meskipiun baru project yang masih terus dikembangkan tetapi sangat menarik kalau nantinya sudah dapat diproduksi masal dan kita dapat merasakan. Kayanya meja atau dindingnya mesti yang bagus nih yang terang.

 

Sistem ini menggunakan proyeksi Holographic Laser Projection (HLP) dan sensor infra merah untuk membuat layar yang mendukung gerakan multi-touch. Layaknya layar iPhone, anda dapat bermain game diatasnya, menonton video, melihat foto, melakukan browsing internet dengan menggunakan jari-jari anda. Thomas Ricker dari engadget.com mengatakan “Meskipun sikap kita yang sketis, kita akan sama-sama terkejut bahkan terkesan. Sentitivitas “Touch Screen” sentuhan masih jauh dari akurat dari yang diharapkan, baik ketika kami mengetik kata-kata dengan cepat pada QWERTY, hasilnya masih terdapat beberapa kesalahan.

Teknologi Output dan Perkembangan Teknologi 3D

Teknologi Output

         Teknologi Output (Keluaran) adalah teknologi yang dapat menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. informasi yang ditampilkan adalah hasil dari pemrosesan processor dan memori. informasi yang diteruskan oleh komputer melalui alat output ini dapat berupa tampilam, suara dll.

Berikut ini adalah beberapa contoh teknologi Output :

1.IGZO ( Indium Gallium Zinc Oxide)

IGZO adalah teknologi display besutan Sharp yang juga rencananya akan digunakan Apple ini adalah teknologi display yang dikalim akan menampilkan detail gambar lebih akurat (2x lebih baik daripada teknologi LCD),  resolusi yang lebih tinggi, konsumsi daya yang rendah, touchscreen yang lebih responsif serta bezel yang lebih tipis jika digunakan pada smartphone.

2.SBH52


SBH52 atau Stereo Bluetooth Handset ini adalah Handset sekaligus Headset inovasi dari perusahaan SONY. dengan aksesori ini anda dapat menerima, melihat dan dan menelpon kembali langsung pada SBH52 ini karena aksesori ini sudah dilengkapi layar OLED yang jernih.

sangat praktis untuk anda yang punya mobilitas tinggi, anda tidak perlu lagi membuka ponsel anda hanya untuk melihat siapa yang menelpon atau sms, biarkan ponsel anda tetap di tas dan saku karena SBH52 ini jangkauan bluetoothnya hingga 10 meter. SBH52 ini sudah dilengkapi NFC, anda hanya tinggal menyambungkan SBH52 ini dengan satu sentuhan dengan cara menempel ponsel dan SBH52 ini. SBH52 ini juga mempunyai Radio FM dengan RDS yang berdiri sendiri. SBH52 ini sudah support Multi kompatible, anda dapat menyanmbungkan handset ini ke 2 perangkat sekaligus secara bersamaan yang tentunya perangkat yang sudah memiliki streaming audio bluetooth (A2DP). SBH52 ini sangat jernih ketika anda mendengarkan musik atau menelpon. selain fitur diatas SBH52 ini sudah tahan air.

3.Printer 3D

Printer 3D wujudkan imajinasi manusia, dengan revolusi printer ini manusia terbantu pekerjaannya dalam bidang industri maupun medis. Printer 3D adalah Printer yang dapat memproses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain secara digital menjadi bentuk 3D yang tidak hanya dapat dilihat tetapi juga bisa kita pegang dan memiliki volume. mungkin dimasa depan pengusaha tidak perlu lagi merekrut banyak karyawan untuk membuat sebuah industri mobil, pengusaha hanya tinggal membuat home industri dengan dibantu printer 3D ini, berikut adalah contoh barang-barang yang dihasilkan printer 3D: Sepatu, mobil, bagian tubuh manusia untuk keperluan medis, makanan, Pistol 3D dll.

4.Speaker Wireless Cloud

OD-11 adalah Speaker besutan Teenege Engineering and Stig Carlsson Foundation yang memiliki inovasi speaker yang minimalis namun tentunya canggih, speaker ini berbentuk seperti kubus 10 liter yang bersih dan bersih dari berbagai tombol pengaturan seperti kebanyakan speaker yang ada saat ini. Speaker ini juga di lengkapi dengan modul wireless yang mendulung penuh fitur Cloud, anda dapat menyimpan semua lagu anda dicloud dan speaker ini akan memutar semua lagu anda dengan Frekuensi suara hingga 28 – 24.000 Hz. dengan bentuk yang polos karena tidak ada tombol pengaturan mungkin anda bertanya tanya bagaimana menggunakan dan mengatur speaker ini, OD-11 di lengkapi remote mini yang disebut Ortho Remote, Ortho Remote ini dapat disambungkan dengan sepaker menggunakan Bluetooth. sedangkan untuk dayanya remote ini hanya butuh baterai kancing yang dapat hidup hingga 1 tahun.

5.Proyektor Pico sekaligus Powerbank


Proyektor ini bernama MobileCinema i55, Proyektor besutan Aiptek ini adalah paket untuk melengkapi penjualan Ponsel Iphone 5, proyektor yang berukuran kecil ini dapat menampilkan gambar dari iphone ke sebuah dinding untuk keperluan presentasi dengan ukuran hingga 60 inchi. Proyektor ini dilengkapi port HDMI yang dapat dihubungkan dengan perangkat lainnya, jadi anda yang tidak mempunyai Iphone masih tetap bisa menggunakan alat yang canggih ini. selain berfungsi untuk menampilakn gambar proyektor ini dapat berfungsi sebagai powerbank dengan kapasitas 3000  mAh. itu bisa terjadi karena proyektor mini ini terdapat port USB maupun MicroUSB.

C.Teknologi Proses Teknologi Proses adalah teknologi ketika sebuah program aplikasi dieksekusi atau dijalankan, pada saat komputer digunakan begitu banyak aplikasi yang kita jalankan bersamaan sehingga proses yang dieksekusi oleh processor pun akan banyak, untuk menghandlenya  dibuatlah sistem Call – Create – Process, yang dimana Process induk (Parent Process) memiliki proses turunan (Child Process) dan Proses turunan juga dapat membuat proses turunannya sendiri, sehingga lama kelamaan sistem proses ini akan membentuk sebuah Pohon Proses

 Nah disini saya akan memaparkan 3 Produsen Processor dan menjelaskan teknologi apa saja yang ada dalam Processor itu sendiri :

INTEL

Intel Corporation(didirikan 1968) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

berikut adalah 5 teknologi processor yang diciptakan INTEL :

  • Intel 4004 Microprocessor
    Pada tahun 1971, intel meluncurkan chip pertama yang dinamai dengan 4004, chip ini merupakan processor 4 bit yang dapat melakukan penambahan  2 angka 4 bit dan melakukan operasi perkalian dengan cara mengulang – ulangi operasi penambahan. Pada awalnya chip ini dibuat untuk pembuatan kalkulator atas pemesanan sebuah perusahaan di jepang tetapi pada kenyataannya chip ini terlalu canggih untuk hanya ditanamkan didalam sebuah kalkulator maka dari itu intel membeli hak guna perusahaan jepang tersebut untuk penelitian lebih lanjut, nah disinalah awal mula, cikal bakal pembuatan processor untuk komputer.
  • Intel Pentium Processor

Pada tahun 1993, Intel meluncurkan prosesor Pentium. Processor Pentium ini adalah pengembangan teknolgi dari processor intel sebelumnya yaitu i80486 yang diluncurkan pada tahun 1989. Peningkatan teknologi pentium ini dibanding i80486 adalah pada struktur VGA yang lebih besar (kecepatan yang lebih tinggi dan Pipelining). intel sendiri menggunakan nama Pentium karena kalah hak paten, alasannya karena angka tidak bisa dijadikan paten, karena itu intel menamai pentium menggunakan TM. Sejak Pentium, Intel telah menerapkan kemampuan Pipelining yang biasanya cuman ada diprocessor RISC (RISC seperti Sun Sparc). Vesa Local Bus yang 32bit adalah pengembangan dari arsitektur ISA 16bit menggunakan clock yang tetap karena memiliki clock generator sendiri (biasanya >33Mhz) sedangkan arsitektur PCI adalah arsitektur baru yang kecepatan clocknya mengikuti kecepatan clock Processor (biasanya kecepatannya separuh kecepatan processor). jadi Card VGA PCI kecepatannya relatif tidak akan sama di frekuensi MHz processor yang berbeda alias makin cepat MHz processor, makin cepat PCI-nya.

 

  • Intel Pentium 4
    Pada tahun 2000, intel meluncurkan Intel pentium 4, Intel Pentium 4 ini memiliki kecepatan antara 1.3 Ghz -3.8 Ghz, saat pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.3GHz dengan form factor pin 423, setelah itu intel merubah form factor processor menjadi pin 478. dan yang paling akhir ini kecepatannya mampu menembus hingga 3.8 GHz di seri Prescot. Pada Prosessor Intel Pentium 4 ini umumnya ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server pada saat itu. karena processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel pentium seri sebelumnya dengan memiliki memory L2 cache yang lebih besar.
  • Intel Core 2 Quad
    Pada tahun 2010, Prosesor terbaru diumumkan Intel yaitu Intel Core 2 Quad, processor ini telah menggunakan proses produksi 32 nano meter dan memakai transistor high-k metal gate generasi kedua. Artinya prosesor terbaru ini dijanjikan akan lebih hemat energi dengan kemampuan yang lebih baik. Selain itu prosesor terbaru Intel ini telah memiliki kemampuan grafis. Alasan intel menamai generasi ini karena Intel Core 2 quad sendiri memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (4MB yang dapat diakses tiap core), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).
  • Intel Haswell
    Pada tahun 2013 tepatnya pada bulan Maret 2013, intel kembali meluncurkan teknologi barunya yang dinamai Intel Haswell. Intel haswell ini terdiri dari teknologi manufaktur terbaru dengan memiliki 22 nanometer. Processor Generasi ke-4 ini di claim lebih baik kinerjanya hingga 15% dari generasi sebelumnya. salah satu peningkatan yang dikatakan intel adalah bahwa intel haswell ini menawarkan peningkatan daya tahan baterai yang paling signifikan yang pernah dicapai intel, penggandaan Grafis juga adalah salah satu faktor yang intel perkuat di generasi terbaru ini, selain itu Peningkatan Kinerja Processor secara siginifikan akan memberikan pengalaman baru untuk pengguna yang menggunakan processor generasi terbaru ini.
  1. AMD 

 

Advanced Micro Devices (AMD) didirikan pada tanggal 1 Mei 1969, oleh sekelompok mantan eksekutif dari Fairchild Semiconductor yaitu Jerry Sanders III, Ed TurneyJohn CareySven Simonsen, Jack Gifford dan tiga anggota dari timGifford, yaitu Frank BotteJim Giles, dan Larry Stenger. Perusahaan ini dimulai sebagai produsen chip logika, kemudian memasuki bisnis chip processor untuk komputer.

Berikut adalah teknologi Processor yang diciptakan oleh AMD :

 

  • AMD Athlon 64 FX 
    Processor keluaran AMD ini memiliki 2 karakter penting yaitu Dapat bekerja pada system operasi 32 bit maupun 64 bit dengan kecepatan penuh dan Menawarkan perlindungan virus yang disebut Ehanced Virus Protection ketika dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 maupun Windows XP 64 Bit edition. Sistem PC yg berbasis AMD Athlon 64 FX sangat cocok bagi para pengguna PC yang antusias mengolah Video-Audio (multimedia) dan pengguna yang hobbi bermain Game.
  • AMD 64 X2 Dual Core
    Prosesor AMD ini dimaksudkan untuk menyaingi apa yang dikembangkan pesaingnya yaitu Intel dengan processor Core Duo nya. Processor AMD generasi ini berbasis 64 bit, processor ini ditujukan kepada kalangan pengguna media digital yang intensif dari sisi fitur prosesor yang dilengkapi dengan teknologi Hyper Transport. Hyper Transport sendiri adalah teknologi yang mampu meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan dengan menyingkirkan bottlenecks pada level input maupun output serta meningkatkan bandwith dan mengurangi latency system. Pendekatan yang digunakan AMD ini adalah kontroler memori DDR yang sepenuhnya terintegrasi, sehingga membantu mempercepat akses ke memori, dengan menyediakan jalur dari prosesor langsung ke memori utama. Hasilnya, bisa kita nikmati loading aplikasi yang lebih cepat dan performa aplikasi pun meningkat.
  • AMD Temash
    Temash adalah processor berbasis mobile yang disebut-sebut sebagai ultra-low-power SoC (system-on-chip) yang rancangannya menggabungkan dua atau empat “Jaguar” x86-compatible core AMD, 128 Radeon 8000-series, core logic yang mendukung delapan port USB 2.0, SD card reader, dan SATA generasi kedua.Temash akan tersedia dalam tiga model yaitu: Model A4-1200, Model A4-1250 dan Model A6-1450. AMD mengklaim Temash tak hanya akan mengalahkan performa Intel Atom SoC (Clovertrail), tetapi juga Baytrail. AMD mengatakan Temash akan berkompetisi dengan Intel Celeron dan Pentium di pasar notebook layar sentuh dengan ukuran layar kecil (kurang dari 13 inci).
  • AMD Kabini 
    AMD kabini adalah Processor yang dirancang untuk notebook tipis dan ringan. AMD mengatakan chip dual-core E Series yang ditanamkan di kabini ini diharapkan dapat bersaing dengan prosesor Intel Celeron, A4-Series quad-qore dengan Intel Pentium, dan A6-Series dengan Intel Core i3. AMD mengklaim prosesor ini mampu memberikan daya tahan baterai hingga 10 jam, 9 jam menjelajahi internet, dan lebih dari 6 jam menonton video 1080p. Seluruh processor tersebut akan memiliki 128 Radeon core.
  • AMD Richland
    Produk tertinggi AMD ini dinamai Richland, Richland sendiri akan diberi merek A8 dan A10 series di pasaran. AMD mengatakan APU ini akan memberikan performa grafis 71 persen lebih baik dibanding Intel Core i5 dan laptop yang menggunakannya akan bisa menggunakan baterai lebih dari 10 jam dan lebih dari 7,5 jam menjelajahi internet. Chip ini juga dipasangkan dengan teknologi AMD lainnya seperti AMD Face Log-in, AMD Gesture Control dan AMD Screen Mirror. Melalui A10, AMD menargetkan konsumen penggila game. Hal ini sudah dapat terlihat melalui MSI yang secara resmi sudah meluncurkan dua notebook gaming pertama di dunia yang menggunakan APU Richland.
  1. CYRIX 

 

Cyrix adalah salah satu perusahaan mikro processor dunia yang didirikan pada tahun 1988 di daerah Richardson, Texas. Cyrix didirikan oleh Jerry Rogers.Cyrix merupakan pembuat ko-prosesor matematis berkemampuan tinggi untuk sistem 286 dan 386 yang terkenal mampu bekerja pada kecepatan optimal dan memiliki suhu yang relatif lebih rendah dibanding processor lain pada saat itu yang memiliki kecepatan sama.

 

Berikut ini adalah Teknologi Processor yang diciptkan oleh CYRIX :

  • Cyrix 486SLC dan 486DLC
    Pada tahun 1992 adalah Processor yang dinamai Cx486SLC dan Cx486DLC. Processor ini ditujukan untuk kelas bawah dan di proyeksikan dapat bersaing dengan Intel 386SX dan 486SX. tetapi sayangnya produk Cyrix yang mengusung nama “486” hanya berada di antara intel 386SX dan 486SX dan belum bisa melampaui processor besutan intel tersebut. Prosesor ini tersedia dalam kecepatan 25, 33, dan 40 Mhz.
  • Cyrix Cx5x86
    Pada tahun 1995 Cyrix meluncurkan Cyrix Cx5x86 yang menggunakan platform sama seperti intel 486SX yang berjalan pada kecepatan 100, 120, dan 133 MHz. Prosesor ini cukup sukses dan digemari pengguna pada saat itu karena mampu melampaui Processor milik intel yakni Intel Pentium yang berjalan pada kecepatan 75 MHz.
  • Cyrix Cx6x86 
    Pada tanggal 5 Februari 1996 Cyrix merilis Processor yang dinamai Cx6x86 dan Cx6x86MX/MII. Processor besutan Cyrix ini merupakan tiruan dari Processor intel Pentium dengan harga yang lebih murah. Chip ini kompatibel dengan Pentium, karena cocok dengan Socket 7 yang digunakan terlebih dahulu oleh intel. Cyrix memasarkan CPU-CPU nya dengan membandingkan pada frekuensi clock yang digunakan Intel.
  • Cyrix Cx6x86MX/MII
    Prosesor Cyrix Cx6x86MX/MII juga dirilis bersamaan dengan Cyrix Cx6x86, Processor besutan Cyrix ini dirilis sebagai processor pembanding alternatif dari Pentium MMX Milik Intel. dengan menggunakan socket yang sama dengan socket yang digunakan oleh Pentium MMX, maka Processor Cx6x86MX/MII ini kompatibel dengan Pentium MMX jika sama sama dipasangkan pada motherboard ber Socket 7. Processor Cx6x86MX/MII ini mempunyai 64 KB cache L1 internal. Cyrix juga cukup cerdik dengan memanfaatkan teknologi yang tidak ditemukan intel di dalam produknya sendiri yakni Pentium MMX.
  • Cyrix Cx6x86L
    Pada saat Game Komputer dengan mode first-person 3D naik daun dan booming dipasaran, Cyrix lemah dalam melakukan floating-point yang menyebabkan Cyrix bekerja sangat buruk untuk aplikasi 3D. pada awalnya banyak ditemukan masalah panas ketika Cyrix Cx6x86MX/MII dipaksakan untuk menjalankan game atau aplikasi 3D, tetapi lama kelamaan masalah makin terasa ketika Cyrix mengetahui bahwa ada yang sampai mengalami kerusakan pada processor besutannya karena terlalu panas. Menanggapi ini Cyrix mengeluarkan versi kedua yaituCx6x86L. Salah satu kelemahan Cx6x86MX/MII adalah masalah kompabilitas. Jika Cx6x86MX/MII tersedia dalam kecepatan 100, 110, 120, 133, dan 150 MHz. Generasi keduanya yaitu Cx6x86L tersedia dalam kecepatan 150 sampai 300 MHz. problem panas yang terjadi di versi sebelumnya dapat diperbaiki.

Tidak lama kemudian Cyrix tidak dapat lagi bersaing dalam industri Micro Processor sehingga Cyrix dijual kepada perusahan terkemuka taiwan yaitu VIA Technologies. salah satu contoh besutan Micro Processor dari VIA Technologies adalah Cyrix III, VIA 3 lalu VIA 7.

Kesimpulan :

Perkembangan Teknologi Komputer baik itu Input, Output dan Proses mengalami kemajuan yang sangat signifikan, seiring kemajuan zaman teknologi akan terus dikembangkan oleh para ilmuan, maka dari itu kita sebagai generasi muda Indonesia harus siap menghadapi zaman yang serba teknologi. Bukan tidak mungkin di masa depan Pekerjaan yang dilakukan oleh manusia saat ini akan digantikan Robot. tetapi ciptaan manusia itu tidak ada apa apanya dibandingkan ciptaan Allah SWT, karena otak manusia yang menciptakan berbagai teknologi yang luar biasa dan canggih itu adalah ciptaan Allah SWT. Wallahu a’lam Bishawab.

SUMBER ARTIKEL

http://www.artikelteknologi.com/2015/06/perkembangan-teknologi-prosesor-terbaru.html

https://www.academia.edu/10917518/Sejarah_Perkembangan_Processor

http://mangihot.blogspot.com/2016/12/pengertian-jenis-fungsi-prosessor-dan.html

http://seputar-teknologi-canggih.blogspot.com/2016/10/5-macam-alat-input-dan-output_22.html

https://yukzmari.wordpress.com/category/input-output-device-masa-depan/

http://catatanngampusku.blogspot.com/2013/10/teknologi-input-output-dan-proses.html

http://habibabdullah007.blogspot.com/2016/10/teknologi-teknologi-komponen-output.html

 

 

Print Friendly, PDF & Email